Jumat, 08 Januari 2010

Androgini adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan pembagian peran yang sama dalam karakter maskulin dan feminin pada saat yang bersamaan. Istilah ini berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani yaitu ανήρ (anér, yang berarti laki-laki) dan γυνή (guné, yang berarti perempuan)[1] yang dapat merujuk kepada salah satu dari dua konsep terkait tentang gender. Artinya pencampuran dari ciri-ciri maskulin dan feminin, baik dalam pengertian fesyen, atau keseimbangan antara "anima dan animus" dalam teori psikoanalitis.

Seorang androgini dalam arti identitas gender, adalah orang yang tidak dapat sepenuhnya cocok dengan peranan gender maskulin dan feminin yang tipikal dalam masyarakatnya. Mereka juga sering menggunakan istilah ambigender untuk menggambarkan diri mereka. Banyak androgini yang menggambarkan dirinya secara mental "di antara" laki-laki dan perempuan, atau sama sekali tidak bergender. Mereka dapat menggolongkan diri mereka sebagai orang yang tidak bergender, a-gender, antar-gender, bigender, atau yang gendernya mengalir (genderfluid).

Perpaduan dari karakteristik maskilin dan feminine disebut androgini. Kombbinasi yang
dimaksud yaitu apabbila sifat maskulin dan feminine sama tinggi. Indivvidu yang memiliki
karakteristik androgini memiliki sifta maskulin dan feminine (yang tinggi) secara
bersamaan.Misalnya individu dengan prean gender androgini dapat menunjukkan sifat
dominance dan nurturance , rasional sekaligus penuh pengertian, asertif, sensitive dalam
hubungan interpersonal, tergantung pada situasi yang pantas sesuai dengan berbagai perilaku.
Karakteristik peran gender androgini disamping mamppu mengintegrasikan sifat maskilin dan
feninin dengan baik juga paling dapat menyesuaikan diri dalam diri berbagai situasi dibamding peran gender lainnya.

ANDROGYNY GENDER dibentuk karena kepedulian kami akan timpangnya peran gebder di Indonesia, kami ingin sekali mengkomunikasikan kepada masyarakat luas bahwa wanita bukan lagi ada di posisi lemah dan laki-laki tidak lagi sebagai oenentu nafkah kehidupan suatu keluarga. Kami perduli dan banyak berharap bahwa kami berhasil mengkomunikasikan kepada kalian. BE EQUAL, BE ANDROGYNY..!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar